Tugas Jurnalis itu Make Me See You Aren’t Making Me See

IBARAT mau memasak sup, kamu sudah pergi ke pasar, membeli bahan-bahan sup (wortel, seledri, makaroni), bumbu-bumbu dan lain-lain. Ini seperti kamu sudah mengumpulkan informasi lewat observasi dan wawancara.

Nah, sekarang, kamu harus memasaknya menjadi sup yang sedap dan bisa dinikmati setiap orang.

Kamu mengumpulkan informasi, menganalisanya, dan sekarang hendak membentuk bahan-bahan itu menjadi sebuah cerita yang ramping, akurat dan jernih. Tentu juga, yang enak dibaca, mudah dipahami orang lain.

Ada editor buta (tuna netra) di Goldsboro News-Argus di Nort Carolina. Namanya Henry Belk. Si editor ini sering memanggil Gene Roberts, wartawannya, dan berkata : Jadikanlah aku melihat. Kamu tidak membuat aku jadi melihat. (Make me see, you aren’t making me see).

Saya juga pernah menjadi editor. Salah satu tugas editor adalah memperbaiki mutu penulisan, dan membantu wartawan melihat apa yang telah mereka lakukan, agar dapat membuat pembaca juga melihat.

Sesuatu yang begitu sederhana, namun ternyata begitu kompleks.

Mengajar menulis, seperti saya, tidak mudah. Mungkin saya tidak dapat melakukannya. Ya, karena sejak dulu, diakui, tidak seorang yang bisa mengajar menulis baik dengan segala peraturan yang ada itu, terutama bagi mereka yang tidak dapat merasakan atau berpikir atau melihat.

Ya, banyak orang merasa karena kata-kata tidak mengalir begitu saja. Writing is hard work. A clear sentence is no accident. Very few sentences come out right the first time, or even third time. Remember this in moments of despair. If you find that writing is hard, it’s because it is hard. (William Zinsser : On Writing Well, The Classic Guide to Writing Nonfiction).

Joseph M Williams menambahkan lewat bukunya ‘Style’, bahwa banyak yang bisa melihat dengan jelas, merasakan dengan mendalam, dan berpikir dengan teliti tetapi tidak bisa berbagi perasaan dan pikiran serta penglihatan mereka. Padahal, semakin jelas kita menulis, semakin jelas kita melihat dan merasa serta berpikir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *