Wawancara itu Tidak Bisa Dipelajari di Bangku Kelas

KALAU berhadapan dengan sumber berita yang sulit, mulailah dengan alasan bahwa pemikirannya, gagasan dari dia, prestasi dia, diperlukan dan sangat membantu bila diketahui oleh semua orang.

Jika ini berhasil, selanjutnya….terserah kamu. Ingat ya, praktik wawancara itu tidak bisa kamu pelajari di kelas, di bangku kuliah. Kamu harus turun langsung, ketemu dengan sumber berita.

Read More

Sebagai bekal saja, silakan simak dulu yang satu ini.

*Sumber berita merasa tidak punya waktu.
Kamu dapat mengusulkan untuk bertemu di waktu dan tempat yang paling nyaman bagi orang yang akan kamu wawancarai. Membatasi lama waktu yang diminta juga akan membantu.

*Sumber berita takut informasi itu akan membuat mereka tampak buruk.
Memperlakukan orang lain dengan hormat dan mengatakan dengan persis mengapa Anda ingin berbicara dengannya, akan mengurangi rasa cema si sumber berita.

*Sumber berita tidak tahu akan bicara apa.
Kamu harus menjelaskan mengapa informasinya memerlukan sudut pandang orang tertentu, dalam hal ini si sumber berita.

*Sumber berita sulit dihubungi.
Kamu sering harus menemui bagian tata usaha, sekretaris, atau orang tertentu, sebelum dapat bertemu dengan sumber berita yang hendak diwawancarai. Kalau curiga bahwa pesannya tidak disampaikan, kamu bisa menulis surat kepada sumber itu, atau menelepon pada jam makan siang atau setelah jam sekolah (kantor), untuk bisa menghubunginya.

Begitu kamu sudah bisa mendapatkan janji wawancara dan berhasil menghubungi sumber berita itu, jangan lupa, sampaikan topik yang akan dibicarakan. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *