Siapkan Daftar Pertanyaan Biar Nggak Blank saat Wawancara

DALAM wawancara, daftar pertanyaan itu sangat penting. Kita dapat mengembangkan satu daftar pertanyaan atau topik, yang tidak harus kita baca pada saat wawancara.

Atau, kita menggunakan daftar pertanyaan itu di akhir wawancara, guna mengecek tidak ada hal-hal penting yang terlupakan.

Read More

Daftar pertanyaan adalah tulang punggung wawancara, kemudi yang menjaga kapal tetap menuju ke arah yang benar. Pertanyaan yang bagus, bisa menghasilkan jawaban tak terduga.

Sebaliknya, pertanyaan yang buruk, bisa membuat kamu bertanya-tanya, untuk apa kamu bersusah payah berbicara dengan orang itu. Sedangkan, pertanyaan yang spesifik, dapat menjerumuskan kamu ke jalur yang salah.

Umumnya, pertanyaan-pertanyaan yang paling bagus, berupa pertanyaan yang memerlukan penjelasan dan tidak bisa dijawab sekadar dengan “ya” atau “tidak”. Coba bedakan antara pertanyaan “Apa pendapat Anda tentang hal itu?” dengan “Bagaimana gerangan pendapat Anda?”

Pertanyaan pertama dalam sebuah wawancara penting karena akan menentukan suasan kelanjutan wawancara. Ada yang disebut pertanyaan sebagai ‘pemecah kebekuan’, yakni pertanyaan yang kadang tak ada hubungannya, tapi berhasil menjadi ‘pintu masuk’ untuk pertanyaan selanjutnya.

Percayalah, masing-masing dari kamu, punya gaya sendiri dalam bertanya. Tunjukkan karaktermu. Demikian pula, setiap sumber berita yang diwawancara, tidaklah sama.

Oriana Fallaci, wartawan dari Italia, yang pernah mewawancarai Herry Kissinger, Indira Gandhi, Yasser Arafat, mengatakan, kesuksesannya mewawancarai para pemimpin dunia karena ‘ia berhasil mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang belum pernah diajukan wartawan lain.’

Wawancara bukanlah sesuatu yang dipelajari dan kemudian diterapkan begitu saja. Wawancara adalah suatu proses tertentu, yang mengharuskan penafsiran dan penyesuaian terus menerus.

Karena itu, cara terbaik untuk belajar wawancara adalah dengan berwawancara sendiri. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *