Ini Tema-tema yang Dapat Menjadi Materi Tulisan Feature

TULISAN feature semakin mendapat tempat dalam media. Bentuk ini mendapat tempat di berbagai seksi (halaman/rubrik) seperti gaya hidup, manusia (people), cerita khusus, dan banyak lagi. Dari cakupan yang begitu luas, feature dapat dikelompokkan menjadi :

*Bright (Brite)
Tulisan yang menyangkut kemanusiaan (human interest). Biasanya ditulis dengan gaya anekdot, dengan klimas pada akhir cerita.

*Sidebar
Cerita feature yang mendampingi atau melengkapi suatu berita utama. Cerita tentang banjir besar, misalnya, bisa dilengkapi sidebar wawancara dengan keluarga korban, cerita latar belakang penyebab banjir, atau tulisan menarik tentang usaha regu penolong yang dramatik.

*Sketsa Kepribadian (Profil)
Suatu sketsa biasanya pendek dan hanya mengenai satu aspek dari kepribadian saja, misalnya hobinya mengumpulkan model kapal layar antik atau orang yang profesinya merawat anak-anak cacat. Profil mencoba menggambarkan dasar yang dalam seperti apa sebenarnya sosok individu itu.

*Profil Organisasi (Proyek)
Sama seperti kepribadian (profil), hanya ini mengenai organisasi/grup atau perusahaan, bukan individu. Contohnya, cerita gerakan sekelompok wanita yang membentuk komite untuk menjamin perlakuan yang baik, terhadap para istri yang disiksa dengan membawa kasus ini ke pengadilan, legislator, polisi dsb.

*Berita Feature (Newsfeature)
Menggambarkan arah dan perkembangan suatu isu berita. Lebih analitik dan interpretatif, karena disertai riset dari berbagai sumber yang luas. Berita pembangunan pembangkit nuklir, beritanya keluar tiap hari.

Nah, fragmen-fragmen berita yang satu-satu ini disiasati dengan berita feature, menyajikan laporan yang komprehensif tentang pembangkit nuklir itu.

*Pengalaman Pribadi
Menulis pengalamannya sendiri, atau kamu menuliskan pengalaman pribadi orang lain. Wartawan Washington Post, Ben H Bagdikian, tahun 1971, menulis pengalaman selama satu minggu tinggal di penjara.

Ia menyamar sebagai Benyamin Barsamian, dan tak seorangpun dalam penjara, termasuk petugasnya, tahu bahwa ia seorang wartawan.

*Feature Layanan
Ini cerita tentang bagaimana caranya (how to). Ditulis untuk mendekatkan media dengan pembacanya. Dikenal dengan istilah ‘tips’, misalnya tips tidak mabuk dalam perjalanan, tips tidak tertipu di ATM, dll.

*Wawancara
Melukiskan dialog dengan orang lain. Biasanya tokoh masyarakat atau selebriti. Ditulis dengan format tanya jawab.

*Untaian Mutiara
Ini adalah suatu feature kolektif, seperti pada seri anekdot mengenai topik umum. Wawancara dengan orang di jalan, feature Valentine yang menggambarkan ‘sepuluh surat cinta terkenal sepanjang zaman’, termasuk kategori ini.

*Narasi
Bagaikan cerita pendek, yang memaparkan adegan demi adegan, dengan memanfaatkan deskripsi, karakterisasi dan plot. Sebagai teknik penulisan, narasi bisa diterapkan untuk penulisan jenis feature lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *