Berita itu Adalah Laporan Kejadian Baru-baru ini

BERITA bisa terjadi di mana saja, bisa terjadi menurut NEWS, N=north di utara, atau E=east di timur, atau W=west di barat, atau S=south di selatan. Berita itu berupa laporan tentang kejadian-kejadian baru-baru ini atau informasi yang sebelumnya tidak diketahui.

Pertanyaannya, apa yang membuat informasi (atau berita) itu layak untuk diterbitkan, layak disiarkan, layak diketahui oleh masyarakat? Jawabannya = tergantung pada berbagai faktor.

Read More

Secara umum, berita adalah informasi yang menarik minat luas khalayaknya. Jadi, berita terbaru di Buenos Aries, Argentina, mungkin tidak menjadi berita sama sekali di Surabaya. Jadi, ada ukuran-ukuran tertentu bahwa berita itu punya ‘nilai’.

Nah, beberapa ‘nilai berita’ itu antara lain :

*Ketepatan Waktu
Apakah sesuatu terjadi baru-baru ini ataukah kita baru saja mengetahuinya? Kalau memang begitu, hal itu layak berita. Arti dari ‘baru-baru ini”, bervariasi menurut jenis medianya.

Untuk majalah mingguan, apa saja yang terjadi sejak edisi terakhir minggu lalu, masih bisa dianggap layak.

Untuk saluran berita televisi kabel 24 jam, berita yang layak mungkin adalah ‘breaking news’, atau sesuatu yang sedang terjadi saat ini juga dan dapat dilaporkan secara langsung dari tempat kejadian.

*Dampak
Banyak atau sedikitkah orang yang terpengaruh? Pencemaran pada jaringan air minum yang melayani 20.000 jiwa, bisa punya dampak karena berpengaruh langsung pada khalayak.

Laporan bahwa 10 anak-anak tewas setelah minum air yang tercemar ketika berkemah, juga punya dampak, karena khalayak cenderung bereaksi secara emosional.

Seseorang yang memutuskan aliran listrik, mungkin tidak akan menjadi berita, kecuali jika ia menyebabkan pemadaman di seluruh kota selama beberapa jam.

*Kedekatan
Apakah sesuatu terjadi dekat kita dan melibatkan warga di tempat itu? Sebuah kecelakaan pesawat terbang di Bandung, mungkin menjadi berita utama di Bandung dan sekitarnya, tapi berita itu mungkin tidak akan muncul di halaman depan di Papua, kecuali jika pesawat itu mengangkut para pejabat tinggi dari Papua.

*Kontroversi
Apakah orang berbeda pendapat tentang hal ini? Sudah kodrat manusia untuk tertarik pada berita-berita yang melibatkan konflik, ketegangan, atau debat publik.

Orang suka memihak, dan melihat pihak mana yang akan menang. Konflik tidak selalu melibatkan gontok-gontokan antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Berita tentang dokter yang memerangi penyakit atau warga yang menentang undang-undang yang tak adil, juga melibatkan konflik.

*Tokoh Penting
Adakah orang terkenal yang terlibat? Kegiatan atau kecelakaan biasa akan menjadi berita jika melibatkan orang penting seperti perdana menteri atau bintang film.

Pesawat yang jatuh di Chad itu akan menjadi berita di seluruh dunia jika salah satu penumpangnya adalah seorang bintang musik rock terkenal, atau kalau penumpangnya presiden Amerika. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *