Gathering News Bukan Proses Biasa tapi Kerja Keras yang Melelahkan

PETUNJUK itu datang dari seorang mantan pejabat pemerintah, yang menyarankan supaya melihat-lihat jumlah rakit penyelamat pada kapal-kapal feri di negara bagian Washington.

Saat itu, Eric Nalder, bekerja untuk Seattle Times. Dari petunjuk itu, ia kemudian melakukan pengecekkan. Telepon pertamanya ditujukan kepada direktur keselamatan jaring feri, yang baru saja menduduki jabatannya.

Mantan direktur membenarkan, ada kekurangan jumlah rakit penyelamat. Merasa kurang puas dengan jawaban ini, Nalder terus mencari informasi untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.

Yang ia butuhkan adalah dokumen yang menunjukkan jumlah rakit penyelamat untuk setiap kapal feri, kapasitas masing-masing rakit, dan jumlah penumpang yang dapat diangkut setiap feri.

Nalder harus menganalisa data untuk menentukan gawatnya kelangkaan rakit itu. Ia juga ingin naik ke salah satu feri itu dan berbicara dengan penumpang dan awaknya. Berbicara dengan penumpang dan awak, sangat penting untuk mengetahui pandangan, kesan, dan gagasan mereka.

Sesudah semua informasi terkumpul, Nalder merasa siap untuk menulis berita (cerita) mengenai kelangkaan rakit penyelamat di kapal feri. Tulisan itu akhirnya mengungkapkan bahwa feri-feri di negara bagiannya, ternyata punya rakit penyelamat yang jumlahnya hanya mampu mengevakuasi satu dari setiap tujuh penumpang.

Coba lihat, apakah kapal-kapal feri di Indonesia, punya rakit penyelamat juga? Berapa jumlahnya dibandingkan penumpang yang selalu diangkut oleh kapal feri itu?

Dari pengalaman Nalder, meliput (gathering news) adalah proses yang melelahkan, dan melibatkan pengumpulan fakta dan pengecekan data secara cermat. Apakah kamu bisa seperti Nalder? Menaklukkan tantangan berupa kerja ekstra keras, sehingga mendapatkan apa yang dia maui?

Saya kira, dalam hal apapun kita harus bekerja keras. Saya kira juga, dalam konteks di sekolah saja, kamu bisa beraksi seperti Nalder. Kamu dapat membuat cerita, dengan mengumpulkan informasi dari pihak lain, memperkuatnya dengan sumber berita lain, mewawancarai satu atau lebih orang, dsb.

Mau terima tantangan ini? (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *