Cara Make Up Ringan dengan Hasil Istimewa

MAKE up ringan mampu memberikan kesan spesial pada riasan wajah. Make Up Artist (MUA), Terry Jayanti membuktikannya dalam Beauty Class ‘How To Make Your Eyes and Lips Standout’ bersama Wardah di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya, Kamis (1/11/2018).

Make up saat-saat istimewa dapat menggunakan dasar yang mirip dengan make up untuk natural look, yakni BB Cushion dan bedak padat. Yang menjadi pembeda adalah bagian mata dan bibir harus menjadi pusat perhatian.

“Saya menggunakan produk Instaperfect dari Wardah. Sebelum make up, pastikan wajah benar-benar bersih, lembut dan kenyal, karena itu adalah kondisi wajah yang sempurna untuk aplikasi make up,” jelasnya.

Tak seperti kebanyakan MUA, Terry memulai make up dengan membuat alis terlebih dahulu. Bagian itu dianggapnya yang sulit. Dengan begitu tidak menghabiskan banyak waktu.

Dari alis, dia menggunakan BB Cushion sebagai dasar make up. Produk itu cocok jika ingin make up yang tahan lama meski tampilannya natural, karena ringan dan full coverage.

Terry menepuk-nepuk BB Cushion di bagian bawah mata lebih dahulu, karena adanya garis-garis halus yang sulit ditutupi. “Di tap-tap supaya tidak lari ke mana-mana. Lebih maksimal menutupi,” kata pemilik akun Instagram @mentari_dj itu.

Untuk memilih warna BB Cushion, menurut Terry, tinggal mencoba, dengan cara, mengoleskannya terlebih dahulu pada rahang wajah, atau area di antara wajah dan leher.

Dilihat, cocok tidak warnanya. Seharusnya memang pilih yang sesuai warna kulit. Terry mengaku, untuk make up pribadi lebih warna gelap, karena menyukai tan skin.

Tak lupa, Terry menambahkan BB Cushion pada kelopak mata model, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai dasar eyeshadow. BB Cushion dapat membantu mempertegas warna eyeshadow.

Warna pertama yang Terry bubuhkan adalah cokelat muda bertekstur matte. Kemudian, warna itu dibaurkan ke seluruh kelopak mata. Selama proses pembauran, butir-butir eyeshadow kerap berjatuhan di bagian bawah mata.

Yang jatuh dibuang saja menggunakan kuas bersih. Kalau ingin tampilan mata makin bold, Terry menambahkan eyeshadow cokelat gelap, lagi-lagi bertekstur matte, pada bagian ujung luar mata.

Biar mata makin standout, Terry mengaplikasikan eyeshadow berwarna merah muda terang dengan tekstur shimmer pada bagian tengah kelopak mata. Ia memilih mengaplikasikan menggunakan tangan agar hasil warna eyeshadow lebih menyala.

Selesai dengan eyeshadow, dia mulai mengoleskan eyeliner. Alih-alih diaplikasikan pada kelopak mata seperti biasa, Terry mengaplikasikan eyeliner pada bagian bawah bulu mata.

Eyelinernya berbeda dengan eyeliner biasa, jadi yang dipakai adalah waterliner. Bentuknya matic seperti pensil, mudah diaplikasikan dan sangat lembut.

“Ini penting sekali, soalnya klien saya banyak yang menangis waktu dipakaikan waterliner, jadi penggunaan waterliner lembut dan warnanya langsung cetar itu penting,” terangnya.

Dia mengaplikasikan waterliner secara cepat di bagian bawah bulu mata. Tujuannya, agar tidak ada jarak antara eyeliner atas, bulu mata, dan bagian bawah bulu mata.

Setelah itu memakaikan eyeliner seperti biasa. Kalau eyeliner kepanjangan, menghapusnya, jangan pakai pembersih, nanti base make up-nya ikut hilang. Pakai saja bedak.

“Aplikasinya dengan cotton bud atau sponge, ambil sedikit, lalu ditepuk-tepuk,” imbuh Terry yang di tahap akhir menggarap inner corner mata, dengan memberikan eyeshadow silver dengan tekstur shimmer.

Penambahan ini bisa membut keseluruhan make up terkesan ‘romantis’. Bagian wajah yang perlu ditonjolkan selanjutnya adalah bibir. Terry menggunakan lipstik matte dengan warna merah gelap.

Supaya bibir makin menarik perhatian, ia mengombinasikannya dengan lipstik glossy. “Jangan lupa pinggir-pinggir bibir diberi concealer agar rapi,” katanya. (del)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *