Hanya Boleh Pilih Satu : PTN atau Politeknik

CALON mahasiswa atau siswa Kelas 12 SMA tidak boleh mendaftar dobel di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri). Harus memilih salah satu lembaga yang paling diminati.

Kalau diterima di SNMPTN, tidak boleh ditinggalkan. Dampaknya menurunkan indeks prestasi sekolah. Seorang siswa Kelas 12 di Sidoarjo mengatakan, harus menyerahkan lembar di atas materai Rp 6000 untuk komitmen masuk jika diterima SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN 2020 akan dimulai Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB. Hanya siswa yang lolos pemeringkatan oleh sekolah yang dapat mendaftar SNMPTN. Silakan lihat Pengumuman Pemeringkatan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran.

Tahapan untuk mengikuti SNMPTN, calon peserta, baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN wajib melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan 2 Desember 2019 s/d 7 Januari 2020.

Pemeringkatan siswa dilakukan sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran. Untuk IPA (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi), IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi), Bahasa (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing), dan SMK (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Dari kelengkapan data nilai siswa, sekolah menetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020, sesuai dengan Akreditasi Sekolah. Kalau A (40% terbaik di sekolahnya0, B (25% terbaik di sekolahnya), dan Akreditasi C dan lainnya (5% terbaik di sekolahnya).

Untuk pendaftaran SNMPTN, bagi siswa yang masuk pemeringkatan, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa diminta membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman SNMPTN.

Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Cek kembali, pendaftaran SNMPTN 14-27 Februari 2020, pengumuman hasil seleksi 4 April 2020. Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Untuk jumlah pilihan PTN dan program studi, siswa dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Khusu siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN 2020
Call Center SNMPTN : 0804-1-450-450
Setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB
halo.snmptn.ac.id
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *