Manajemen Stres dengan Latihan Gerakan Hatha Yoga

MANAJEMEN stres dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Salah satu cara dengan melakukan latihan gerakan hatha yoga. Gerakannya cenderung lembut dan tanpa menggunakan power penuh guna merelaksasi tubuh sehingga menjadi lebih santai.

Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya menginisiasi kegiatan Yoga by the Pool Plus Lunch. Selain berlatih gerakan yoga yang merelaksasi tubuh dan pikiran, program ini mengajak para peserta mengonsumsi makanan sehat.

“Yoganya di pinggir kolam renang. Ruangan terbuka merupakan salah satu studio yoga yang baik. Sirkulasi udara lebih baik,” ungkap F&B Manager Verwood, Sudarsih Dimyati, Sabtu (20/2/2020).

Rima Djamaluddin selaku trainer yoga mengatakan, olahraga selama pandemi Covid-19 adalah hal yang krusial. Pasalnya, menjaga tubuh tetap bugar dan berpikir positif bisa meningkatkan imun.

Manajemen stres dengan gerakan hatha yoga adalah latihan yang sangat cocok karena dalam hatha yoga tidak memerlukan power besar. Kunci utamanya di deep inhale. Bahkan, kalau sudah menguasai deep inhale ini akan mudah mengontrol emosi.

Hatha yoga ini, lanjut Rima, bisa dilakukan selama 60 menit dengan gerakan yang tak beda jauh dengan yoga pada umumnya. Dilakukan di ujung kemampuan dan jangan memaksakan, karena tujuannya untuk relaksasi.

Sebanyak 35 orang melakukan latihan yoga bersama di Poolside Outdoor Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya. Mereka bergerak diiringi alunan musik yang menenangkan.

Gerakannya tidak jauh berbeda dengan gerakan yoga biasanya di antaranya yakni sukhasana, cat-cow, child’s pose, dan seated forward bend. Salah satu yang ditekankan, yakni gerakan napas.

Sudarsih Dimyati menambahkan, animo masyarakat terbilang bagus sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada gelaran serupa di kemudian hari. “Kita membuat aktivitas yang menyehatkan dengan venue di sisi kolam renang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *