Rahasia Kode Jari Tangan Sebelum Servis dalam Permainan Ganda Bulu Tangkis

APA kamu sudah tahu atau baru tahu nih? Nanti jangan bingung, kalau ada kode jari lainnya, yah! Tidak ada aturan baku, karena ini hanya cara bagi pemain ganda untuk saling berkomunikasi. Jadi partner bisa tahu harus bergerak ke mana.

Tanda jempol seperti orang mempersilakan lewat. Isyarat seperti itu untuk memberitahu partner ganda di bulu tangkis, tentang seperti apa servis yang akan dilakukan, Tujuannya, supaya partner bisa mengantisipasi pengembalian bola dari lawan.

Ada tiga macam servis dalam permainan bulu tangkis. Ada servis pendek (lurus ke depan), servis tinggi (jauh ke belakang), dan flick servis (setengah tinggi).

Nah, biasanya, ada tiga kode bentuk jari yang sering menjadi isyarat dan dikeluarkan oleh para pebulutangkis. Pertama, jempol (empat jari lain mengatup), menyodorkan telunjuk, dan memberikan jari kelingking (jentik).

Tapi, makna dari kode atau isyarat setiap pemain, bisa berbeda-beda. Semua tergantung dari strategi dan kesepatan antarpemain maupun pelatih. Arti telunjuk bagi pasangan A bisa berbeda dengan pasangan pebulutangkis B. (*)

Sumber : PB Djarum (@PBDjarum), 27 Februari 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *