Intiland Development Serah Terima Unit Kondominium Graha Golf

PENGEMBANG PT Intiland Development Tbk mulai awal Maret 2020 ini melakukan serah terima kepada pembeli unit kondominium Graha Golf di komplek Graha Family Surabaya. Ada dua tower kondominium dengan ketinggian 23 lantai yang telah siap untuk ditempati.

“Total ada 182 unit apartemen di dua tower ini, terdiri atas 23 lantai yang masing-masing lantai hanya terdiri atas empat unit,” jelas Kumala Angkadjaja, Marketing Koordinator Graha Golf, Kamis (5/3/2020).

Dua tower kondominium itu dengan nama Arion dan Alexa, melengkapi jajaran kondominium lama Graha Family dengan pemandangan lapangan golf. Khusus dua tower yang baru ini, dibuat satu lantai empat unit berbentuk kupu-kupu, masing-masing unit tidak saling tempel.

Perusahaan properti dengan kodebursa efek DILD ini sekaligus menyelesaikan berbagai fasilitas umum. Di antaranya dua lantai basement untuk parkir kendaraan para penghuni, kolam renang dan ruang gym, dua lift, yang masing-masing untuk passenger dan service, ruang lounge di masing-masing tower serta jaringan utilitas, seperti air bersih dan listrik.

Harto Laksono, Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, salah satu anak usaha menyebutkan, serah terima ini merupakan salah satu bentuk komitmen Intiland kepada konsumen untuk menyelesaikan proyeknya secara tepat waktu sekaligus apresiasi untuk konsumen yang sudah memberi respons positif.

Dari 182 unit dari dua tower ini, sudah sold out sekitar 95 persen atau hanya menyisakan sekitar 15 unit. Menurut Harto, respons positif itu juga terlihat dari konsumen yang mayoritas adalah end user. Mereka membeli untuk ditempati sendiri.

Profil konsumen yang terlihat dari catatan Intiland, mereka merupakan warga dari sekitaran Graha Family, apakah itu dari kondominium lama, maupun penghuni rumah tapak di komplek Graha Family. Ada WNA dari Korea Selatan dan Tiongkok yang memiliki pekerjaan atau usaha di Surabaya dan sekitarnya.

Komposisi konsumen yang sudah membeli unit di dua tower ini, sekitar 80 persen domestik atau orang Indonesia, dan 20 persen WNA. Dari 80 persen domestik itu, sekitar 60 persen adalah warga Kota Surabaya dan sekitarnya. Sisanya dari berbagai kota seperti Jakarta dsn kota-kota lain di Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Menurut Harto, tipe unit di dua tower ini ada dua, yaitu tipe three bedroom + 1 dan four bedroom + 1. Untuk harga, saat ini sudah berkisar mulai dari Rp 5 miliar hingga Rp 7 miliar.

Pengembangan kondominium Graha Golf ini, diawali dari permintaan tempat tinggal di kawasan lapangan golf Graha Family Surabaya. “Ternyata lahan kami untuk rumah tapak sudah habis di Graha Family ini. Tapi karena masih ada permintaan, akhirnya kami buat high rise,” jelas Harto.

Rencananya selain tower Arion dan Alexa, ada dua tower lagi yang akan dibangun di komplek Graha Golf ini. Intiland Grande masih menunda untuk mulai pembangunan. Saat ini properti belum menunjukkan gairah seperti tiga-empat tahun yang lalu. Jadi dua tower lagi di Graha Golf masih belum kami siapkan untuk bangun.

Intiland Grande masih menunggu gairah pasar yang bangkit lagi. Di tahun 2020 ini, dengan progres kondominium Graha Golf yang sudah operasional, diharapkan bisa ikut menggairahkan pasar properti, secara umum dan secara khusus pada produk Intiland Group. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *