Biar Aman Gunakan Kartu Debit Jenius e-Card untuk Transaksi Online

KARTU Debit Jenius itu ada 3 jenis : m-Card (kartu debit utama yang berwarna orange), e-Card (kartu debit virtual), dan x-Card (kartu debit tambahan yang berwarna biru, hijau, dan ungu).

Nah, ketiga jenis Kartu Debit Jenius ini punya beberapa kesamaan fitur, di antaranya terhubung dalam jaringan Visa, fitur blokir atau buka blokir kartu, juga pengaturan limit dan PIN di aplikasi.

Tapi dari ketiga jenis kartu, e-Card-lah yang diperuntukan khusus transaksi online.

Kalau m-Card dan x-Card merupakan kartu fisik yang bisa kamu pegang dan simpan di dalam dompetmu. Wujud e-Card cuma bisa kamu lihat di menu Card Center aplikasi Jenius karena e-Card merupakan kartu debit virtual (non-fisik).

Oh ya, e-Card tidak bisa dicetak, ya.

Sama kayak kartu kredit, e-Card juga dilengkapi dengan 3 digit kode CVV (Card Verification Value), sebuah fitur keamanan yang membantu bank memverifikasi data untuk pelayanan menggunakan kartu saat nasabah melakukan pembayaran online.

Kamu memang perlu melalui beberapa tahapan verifikasi sebelum bisa melihat detail seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan kode CVV e-Card Jenius. Tapi tenang, semua hal tersebut dilakukan untuk melindungi informasi finansialmu.

Cara melihat detail informasi e-Card.

Pilih menu Card Center di aplikasi Jenius kamu, pilih e-Card, lalu klik “Lihat Kode CVV” yang ada di bawah gambar e-Card dan masukkan password Jenius kamu. Nantinya, detail kartu akan terlihat dan siap digunakan untuk bertransaksi online.

Situs apa aja yang menerima pembayaran dengan e-Card Jenius?

Pokoknya, selama situs tersebut menerima pembayaran dengan Visa, kamu bisa menggunakan e-Card Jenius kamu untuk bertransaksi. Oh ya, gak cuma e-Commerce, e-Card bisa dihubungkan ke PayPal juga, lho.

Mau berlangganan layanan streaming berbayar (Spotify, Netflix, dan sebagainya), cukup pilih metode pembayaran dengan Visa dan masukkan detail e-Card, kamu udah bisa menikmati musik/film favoritmu!

Buat beli game di Steam, Origin, atau beli aplikasi di App Store/Play Store.
Buat transaksi berlangganan, pastikan e-Card kamu selalu terisi saldo yang cukup buat perpanjangan.

Cara top up saldo e-Card gampang banget. Cukup pindahin dana dari Saldo Aktif, e-Card langsung bisa kamu pakai untuk bertransaksi. Oh ya, untuk transaksi dalam mata uang asing, kami sarankan menaruh dana lebih buat jaga-jaga selisih nilai tukar yang berlaku.

Meski secara fungsi hampir mirip dengan kartu kredit, e-Card tidak menarik bunga apapun dari transaksimu karena seluruh pembayaran langsung didebit dari saldo yang ada di kartu. Jadi, kamu tak perlu berutang, juga terbebas dari perasaan takut menunggu tagihan datang.

Oh ya, e-Card juga gak bisa dipakai buat mencicil pembayaran.

Sebagai tips, Jenius tidak menyarankan kamu buat menggunakan m-Card untuk bertransaksi online karena m-Card memiliki akses langsung ke rekening utama kamu. Karena itu, selalu gunakan e-Card yang memang dibuat secara spesifik untuk keperluan transaksi online.

Saat akan melakukan pembayaran dengan e-Card Jenius, cek kembali apakah merchant tempat kamu bertransaksi memiliki sistem keamanan 3DSecure. Kalau tak ada, pastikan reputasi merchant tersebut bisa dipercaya sebelum melakukan transaksi.

Demi keamanan, jangan daftarkan atau menyimpan informasi e-Card Jenius kamu pada merchant kecuali kamu bermaksud berlangganan di merchant tersebut. Jika merasa perlu proteksi tambahan, atur limit transaksi kartu sesuai kebutuhan melalui Card Center. (*)

Belum punya Jenius? Download dan aktivasi Jenius sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *