Jangan Sembarangan Obati Jerawat Begini Caranya

JERAWAT yang selalu muncul sebaiknya tidak diabaikan. Pengobatannya tidak bisa digeneralisasi. Pasalnya, beda jerawat lain pula perawatan yang dibutuhkan.

Dokter kecantikan sekaligus pemilik Facena Beauty Clinic, dr Daniel Widiyanto mengatakan, skincare untuk kulit berjerawat sebaiknya memiliki kandungan yang dapat mengeksfoliasi kulit.

“Seperti beta hydroxy acid (BHA) atau calicylic acid, retinol, dan retinoid acid. Kalau jerawat yang meradang, pilih yang mengandung penenang seperti niacinamid,” paparnya.

Bagi yang jerawatnya bernanah, Daniel menyarankan untuk menggunakan yang antibakteri dengan antibiotik. Adapun jerawat batu yang susah dihilangkan, perawatannya bisa dengan mengoleskan skincare yang mengandung benzoil peroksida.

Daniel menyebutkan, penyebab munculnya merawat berbeda-beda. Salah satunya, dilihat dari letak jerawat. Setidaknya, ada lima bagian wajah yang biasanya menjadi tempat jerawat, yakni dahi, dagu, area T, hidung, dan pipi.

Menurut Daniel, biasanya jerawat di dahi cenderung berukuran kecil dan berjumlah banyak atau lebih sering disebut bruntusan. “Jerawat seperti ini karena faktor makanan. Kalau banyak makan manis, muncul bruntusan di dahi,” katanya.

Selain dahi, area wajah yang sering menjadi tempat jerawat, yakni area T atau T-zone. Hal ini karena pada area itu banyak kelenjar minyak. Di area ini cenderung muncul komedo. Jadi, wajar, wajah berminyak lebih mudah muncul jerawat.

Biasanya pada hidung, jerawat yang sering muncul, yakni komedo hitam dan putih. Penyebabnya, sirkulasi darah yang kurang baik. Lalu pipi akibat faktor eksternal seperti tidak sering mengganti sarung bantal, brush makeup kotor, atau karena polusi.

Terakhir, bagian dagu. Biasanya tipe jerawat batu. Penyebabnya, bukan kelenjar minyak atau polusi, tapi karena gangguan hormon dan stres. Untuk mengatasi butuh pengobatan yang sesuai.

Bukan hanya perawatan permukaan kulit, tapi ada yang lainnya. “Misalnya, jerawat karena gangguan hormon, tentunya tidak bisa kalau diobati jerawatnya saja,” tukas Daniel. (ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *