Cara Agar Kuku Kamu Tampak Hidup dengan Nail Art

PANDEMI Covid-19 tidak mengurangi antusias warga menyambut Tahun Baru Imlek 2021. Warga Tionghoa mulai membersihkan rumah dan berburu pernak-pernik, termasuk menghias kuku menggunakan nail art.

“Sepertinya peminat nail art Imlek akan berkurang dibandingkan sebelum pandemi. Bisa turun lebih dari 50 persen,” kata SPV Nail Plus Grand City Mall Surabaya, Wulan Puja, Rabu (3/2/2021).

Read More

Meski demikian, masih ada yang memilih pergi ke salon untuk mempercantik kuku. Biasanya memilih warna merah dan gold. Ada juga pink dan putih.

Dalam 10h jari, biasanya ada dua atau tiga kuku dengan nail art yang rumit. Sisanya polos atau berdesain sederhana. Misalnya kerbau dan aksara Cina. Ada pula gambar kembang api dan bunga-bunga.

Supaya terlihat semarak, Wulan menambah gliter keemasan yang mencerminkan kerlap-kerlip khas Imlek. “Gliter ini salah satu yang paling banyak disuka. Kuku tampak lebih hidup dan lebih meriah,” imbuhnya.

Untuk membuat nail art ini, Wulan membutuhkan waktu kurang lebih satu sampai dua jam. Tergantung tingkat kesulitan. Yang lama itu kalau detailnya kecil-kecil dan motifnya rapat-rapat.

Nail art ini bisa diaplikasikan, baik ke kuku asli maupun palsu. Sebelum digambar, kuku diberi warna dasar terlebih dahulu. Kemudian dikeringkan penggunakan UV, baru di-sketch. Setelah itu mulai menggambar motifnya lalu diblok warna.

Selanjutnya, memberi detail tambahan. Misalnya mata, tanduk, dan lain-lain. Agar tahan lama, kuku dilapisi top coat pada proses akhir.

Bisa tahan tiga minggu karena pakai kutek gel. Tapi sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang bisa merusak kuku kalau mau lebih awet.

Nail art Imlek banyak diminati anak muda. Salah satunya Jessica Hadi, mahasiswi UK Petra, yang paling suka gambar Chinese lettering. “Soalnya kelihatan nyala dan bagus,” katanya.

Pandemi tidak menurunkan minatnya membuat nail art Imlek. “Tangan tetap harus kelihatan. Saya milih ke salon. Kalau bikin sendiri takutnya gampang hilang karena sering pakai hand sanitizer,” tambah Jessica. (ayu)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *