Cara Brigitta Livia Berkreasi Look yang Tonjolkan Mata

MAKE UP Artist (MUA) asal Surabaya, Brigitta Livia membuat kreasi makeup khusus untuk Imlek 2021 ketika mengikuti sebuah lomba yang digelar secara online. Tema looknya, kerbau logam.

Meski tema look telah ditentukan, bukan berarti Livia stuck sehingga melakukan kreasi look yang unik dan tidak keluar dari temanya. “Sempat kebingungan sih. Dalam makeup tradisional Tiongkok, warna silver tidak begitu dominan,” terangnya.

Livia berusaha agar makeup yang dihasilkan tidak hanya menunjukkan sisi tradisional tapi artisik. Dia akhirnya memilih warna merah dan silver untuk lebih ditonjolkan pada bagian mata.

Tak hanya satu, Livia membuat dua look berbeda dengan warna dasar sama. Perempuan yang gemar menggambar ini membubuhkan warna merah pada bagian mata lantaran memiliki makna prosperity (kemakmuran dan kekayaan).

Sebaliknya, warna silver melambangkan kemurnian dan innocence, diwakili dengan glitter powder di kelopak bagian atas, dekat eyeliner, dan pada bagian bawah mata.

“Kesan tradisional pada look pertama lebih terasa, namun untuk aksen silver yang melambangkan tahun ini, tidak begitu kentara. Jadi, saya tegaskan kembali pada look berikutnya,” katanya.

Untuk look kedua, Livia tetap menghadirkan kesan tradisional. Dia menambahkan sisi seni secara bersamaan. Indikasinya, pada bentuk alis, eyeliner, dan bentuk bibir.

Umumnya, masyarakat Tionghoa membuat alis dan eyeliner mengarah atau ditarik ke atas agar terkesan lebih tegas. Untuk bibir, lanjut Livia, dibentuk supaya terkesan lebih kecil dengan memakaikan lipstik pada bagian tengah saja.

“Kalau di Indonesia, tokoh yang sering menggunakan bentuk bibir seperti ini adalah Jeng Kelin,” ujarnya sambil tertawa.

Tak hanya eyeliner, Livia memberi ketegasan mata dengan menambahkan stiker silver terang. Di antara alis kanan dan kiri, dia menambahkan gambar bunga tulip, yang merupakan pasangan shio Kerbau Logam dalam tradisi Tionghoa. (kir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *