Komik Petualangan si Acil Bantu Edukasi Obat ke Anak-anak

DOSEN Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair), Khoirotin Nisak membuat komik lucu, dengan cerita menarik dan tampilan penuh warna guna mengenalkan obat-obatan pada anak.

Komik itu menceritakan petualangan si Acil. “Ini hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Konsepnya memberikan edukasi tentang obat, namun sasarannya anak sekolah dasar (SD),” ujarnya.

Read More

Dengan menyasar anak usia SD, komik bisa memberikan edukasi sedini mungkin akan gambaran perihal kesehatan atau cita-cita yang dapat mereka raih ke depan.

Sosok Acil adalah apoteker cilik yang memiliki pengetahuan obat-obatan. Acil merupakan pribadi yang ceria dan mempunyai misi memberikan informasi kepada orang-orang di sekitarnya.

Menurut Khoirotin, Acil tidak sendiri. Ada tokoh lain yang turut membantu menjalankan misinya. Komik ini sudah rilis Maret 2020, dapat diakses melalui Google Playbook.

Selain edukasi, komik dapat menjadi sarana mendekatkan orang tua dengan anak serta media pembelajaran yang menyenangkan. Komiknya cocok untuk anak yang sudah belum bisa membaca dan sudah mampu membaca.

Jika belum bisa membaca, orang tua dapat membacakannya kepada anaknya. Bahkan, komik ini juga bisa digunakan oleh guru atau penyampai lain sebagai materi edukasi kepada anak.

Uniknya komik ini diciptakan dengan isi yang masih relevan untuk beberapa tahun ke depan. Anak bisa mendapatkan pengetahuan umum mengenai obat dengan menyenangkan.

“Komik ini relevan untuk beberapa tahun ke depan karena berisi pengetahuan umum seputar obat yang bisa dipelajari kapan saja oleh murid kelas 1 sampai 6 SD,” imbuh Khoirotin. (ovi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *