Ini Menu Sehat untuk Penderita Tuberkulosis

OTTIMO International berkolaborasi dengan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolusis Indonesia (PPTI) menggelar webinar untuk mengedukasi pemahaman penyakit menular tuberkulosis (TBC), Sabtu (27/3/2021).

Pimpinan Klinik JRC PPTI, dr Ika Hernianti menyampaikan, indikator-indikator TBC, dan cara menerapkan pola hidup sehat, hingga tindakan preventif supaya masyarakat terhindar dari penyakit menular TBC.

Read More

“Salah satunya, pemilihan makanan bagi penderita TBC. Sebetulnya tidak ada pantangan, namun apabila penderita mengalami gejala seperti batuk, maka tidak boleh makan makanan yang digoreng,” ungkapnya.

Kebanyakan penderita TBC, mengalami penurunan berat badan karena beberapa faktor. Sebut saja, kehilangan nafsu makan, mual, dan sakit perut. Tubuh yang tidak mendapatkan asupan gizi memadai, rentan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Ottimmo International melalui Culinary Art Instructor, Chef Arya Putra memberikan solusi resep makanan yang enak dan sehat untuk dikonsumsi para penderita TBC.

Dia menunjukan resep 7 varian menu dan cara pembuatannya di rumah masing-masing. Tak hanya itu, Chef Arya mendemokan satu di antara 7 menu, yaitu Mun Tofu di depan 400 partisipan yang hadir dari seluruh Indonesia.

“Menu ini sengaja kami desain tinggi kalori tapi rendah lemak agar sehat dikonsumsi oleh penderita TBC. Bisa menjadi opsi agar penderita TBC tidak bosan dan makan makanan yang lebih variatif agar dapat menggugah nafsu makan mereka,” ungkapnya.

Untuk membuat Mun Tofum Chef Arya menggunakan bahan-bahan utama seperti minyak
kelapa, bawang putih, jahe, daging giling. Dia mulai memasak dengan menumis jahe dan bawang putih hingga harum.

Kemudian daging giling dimasukkan dan menunggu hingga berubah warna. Setelah itu, Chef Arya memasukkan kaldu, kecap ikan, saus tiram, lada dan gula. Saat masakan sudah mendidih, saya masukan potongan tahu sutra dan mengaduk makanan hingga rata.

“Ketika sudah mendidih lagi saya kentalkan dengan air kanji. Terakhir, makanan bisa dihiasi dengan cincangan daun bawang dan minyak wijen sebelum disajikan,” terangnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *