Ferry Hendra Sukses Bangun Rosshop karena Hobi Anak

INI cerita inovasi ROSSHOP yang sukses meningkatkan omzet di tengah pandemi dengan jasa konsultasi dengan Beauty Advisor di platform eCommerce. Jadi, benar, tidak ada kata terlambat dalam memulai sesuatu selama kita mau berkomitmen, konsisten dan tidak ragu berinovasi.

Setelah memutuskan untuk pensiun, Ferry Hendra, mantan karyawan perusahaan telekomunikasi, ingin tetap produktif dan memutuskan untuk memulai bisnis saat usianya menginjak 47 tahun.

Kini toko produk kecantikan yang dimilikinya di Lazada, ROSSHOP, sudah memiliki gudangnya sendiri dan berhasil meningkatkan omzet hingga 30% di kuartal pertama 2021 berkat inovasi unik yang dimilikinya.

Penasaran bagaimana Ferry berhasil memulai bisnis baru dan tetap bersaing di usianya yang sudah tidak muda ini? Yuk, simak bersama!

Awalnya, Ferry terinspirasi melihat anaknya yang gemar berdandan dan mempercantik diri. Dia sadar, produk kecantikan merupakan kebutuhan yang penting bagi banyak perempuan, dan melihat besarnya potensi bisnis di bidang ini.

Dengan latar belakangnya karir lebih dari 20 tahun di industri teknologi dan digital, di tahun 2017 Ferry akhirnya mantap membuka toko di Lazada, yang merupakan platform eCommerce pertama yang dikenalnya.

Ferry menggunakan nama ROSSHOP, terinspirasi dari nama sang istri. Namun kenyataan tidak semudah yang dibayangkan di masa awal. Meski Ferry sudah melek secara teknologi, ketika berjualan secara online, masih belajar banyak hal berkaitan dengan dunia kecantikan.

Walau awalnya terasa asing, Ferry tetap semangat memperkaya ilmu produk kecantikan serta tata cara berbisnis di platform eCommerce agar dapat bersaing dengan toko-toko online produk sejenis lainnya.

ROSSHOP menjual berbagai macam produk kecantikan dari brand lokal Indonesia. Ferry sadar, pelanggan cenderung memprioritaskan harga sehingga ROSSHOP mengambil strategi memberikan harga yang sangat kompetitif demi mengejar kuantitas penjualan.

Dia memahami kebingungan yang seringkali dihadapi pelanggan ketika berbelanja produk kecantikan hingga akhirnya memutuskan untuk berinovasi memanfaatkan fitur chat dari Lazada yaitu layanan konsultasi dengan beauty advisor di tahun 2018.

Dengan dukungan dari para prinsipal brand yang dijualnya, pelanggan ROSSHOP kini dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan para beauty advisor dari brand resmi untuk menentukan produk kecantikan apa yang cocok untuk jenis kulit serta informasi mengenai produk lainnya.

Ketika memutuskan merintis bisnis toko produk kecantikan secara online di Lazada, Ferry tidak menyangka, dalam waktu 6 bulan pertama saja hasilnya sudah sangat positif karena trafik Lazada cukup tinggi.

Inilah yang memacu semangat hingga selalu memikirkan inovasi apa lagi yang bisa ditawarkan untuk pelanggan, sampai akhirnya terpikir menghadirkan layanan konsultasi kecantikan langsung dengan beauty advisor yang terpercaya melalui fitur chat di platform.

“Selain memang menawarkan harga yang kompetitif, rupanya pelanggan saya menyukai kehadiran beauty advisor di toko saya. Selain menjadi pembuktian produk yang saya jual pasti orisinal, adanya beauty advisor memberikan rekomendasi tepat kepada pelanggan atas produk yang mereka butuhkan,” katanya.

Ferry mengakui, wawasan dan pengetahuan dari Lazada University membantunya bisa fokus membangun bisnis. Dia berkomitmen untuk terus belajar melalui Lazada University dan melalui komunitas Lazada Club ingin mencapai target.

Bila perlu, terus berinovasi agar dapat menarik perhatian pelanggan dan bersaing dengan kompetitor. Selain berkomunikasi dengan pelanggan melalui fitur chat, Ferry aktif menggunakan fitur live streaming di Lazada, LazLive, untuk berinteraksi dengan pelanggan.

“Saya kerap memanfaatkan kampanye yang diadakan Lazada untuk bisa meningkatkan penjualan yang telah terbukti membantu mendorong penjualan di toko saya,” tambah Ferry.

Dalam kampanye Lazada Birthday Sale beberapa waktu lalu, omzet ROSSHOP mencapai 8 kali lipat hanya dalam waktu 5 hari. Ferry kini tengah sibuk menangani pesanan yang melonjak di tengah kampanye Ramadan yang sedang berlangsung di Lazada.

Dia optimistis dalam kampanye Ramadan ini, dengan berbagai penawaran seperti voucher misalnya, ROSSHOP akan bisa mengeruk keuntungan berlipat dibandingkan hari biasa seperti pada masa-masa kampanye lainnya di Lazada.

Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement mengatakan, tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha di eCommerce. “Toko ROSSHOP Pak Ferry menjadi buktinya. Di Lazada, kami selalu berkomitmen untuk dapat memberdayakan serta meningkatkan skala bisnis para pelaku UMKM,” paparnya.

Semua penjual akan mendapatkan berbagai dukungan agar dapat meraih sukses dalam berbisnis. Dengan adanya Lazada University, para penjual dapat menggali ilmu dari modul yang dikembangkan serta dapat bertukar pikiran tentang strategi bisnis dan inovasi dengan para mentor dan sesama penjual melalui komunitas Lazada Club.

Haikal percaya, komunitas yang inspiratif di Lazada serta fitur interaktif yang tersedia memang dapat membantu para penjual untuk terus berkreasi dan berinovasi sehingga mereka dapat mengembangkan bisnisnya di eCommerce secara optimal.

“Namun yang paling penting menurut kami, kemauan, komitmen dan kerja keras dari penjual sendiri untuk bertumbuh, seperti yang sudah dibuktikan oleh ROSSHOP,” tambah Haikal.

Berkat inovasi jasa konsultasi beauty advisor yang dimilikinya, keaktifan di LazLive untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, partisipasi dalam setiap kampanye, serta penawaran harga yang kompetitif, ROSSHOP terus melaju meraih sukses.

ROSSHOP kini telah menjadi authorized seller atau penjual resmi dari beberapa brand besar yang dijualnya, diantaranya brand dari Paragon Group seperti Wardah, Emina, Make Over dan Kahf, dengan pertumbuhan penjualan yang terus meningkat.

Bahkan untuk beberapa brand yang dijualnya, angka penjualan di ROSSHOP tahun lalu bahkan tumbuh mencapai 25% di atas rata-rata penjualan nasional brand tersebut, membuktikan bahwa platform eCommerce bisa menjadi kanal penjualan yang efektif, didukung dengan basis pelanggan yang luas.

Terbukti sudah, tidak ada kata terlambat untuk untuk memulai bisnis dan meraih kesuksesan. Apalagi dengan adanya platform eCommerce yang bisa mempermudah operasional bisnis. Tunggu apalagi.

Inspirasi lebih atas cerita Ferry mengembangkan ROSSHOP-nya, kunjungi kanal YouTube #LazadaClub ini. Anda juga bisa mengunjungi tautan berikut untuk mendaftar menjadi seller di Lazada dan sukses seperti Ferry: http://lzd.co/LazadaIDSellerSignUp

Tentang Lazada
Didirikan tahun 2012, Lazada Group adalah platform eCommerce di Asia Tenggara. Kami mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi.

Dengan jaringan logistik dan pembayaran di Asia Tenggara, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen di kawasan ini dan kami menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada merupakan platform utama Alibaba Group di Asia Tenggara, yang didukung oleh infrastruktur teknologi kelas dunia.

Sebagai pionir dari Harbolnas, festival belanja terbesar di Indonesia, Lazada Indonesia fokus untuk membangun bisnis eCommerce yang berkelanjutan melalui kepemimpinan dalam bidang teknologi serta kapabilitas dan infrastruktur logistik.

Lazada adalah platform belanja online yang mengombinasikan interaksi, informasi dan hiburan bagi konsumen melalui konsep shoppertainment. Lazada berkomitmen untuk memberdayakan pebisnis lokal di Indonesia dengan membangun ekosistem eCommerce end-to-end demi mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, yang didukung oleh kepemimpinan Alibaba dalam ekonomi digital.

Beberapa penghargaan telah diraih Lazada selama ini, termasuk diantaranya sebagai Brand of the Year 2018 untuk kategori eCommerce dan marketplace dari Marketeers.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *