Ini Langkah-langkah Ikut Vaksinasi di Jakarta

MOTIVASI Jihaad El-Banna Quthuby (@Gus_Elbiero) ikut vaksinasi karena melihat kapasitas diri yang sering mobile. Dia memutuskan vaksinasi sebagai ikhtiar di samping jaga-jaga atas berita yang tersebar, kalau Covid varian Delta India cepat menular.

Akhirnya, dirinya mencari informasi lewat medsos, dan menemukan postingan, bila pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan melalui aplikasi JAKI. Akhirnya dia mendaftarkan diri melalui aplikasi itu.

Caranya, mengetuk utas pendaftaran vaksinasi Covid-19 dengan mengisi NIK dan nama lengkap. Berikutnya menentukan pilihan lokasi vaksinasi yang dikehendaki. Cukup mudah dan sangat membantu.

Setelah mengisi biodata dan waktu serta lokasi vaksinasi yang diinginkan, Jihaad El-Banna Quthuby mendapat jadwal 21 Juni 2021, pukul 08.00-09.00 WIB di RSUD Pasar Rebo, karena itu yang paling dekat dengan domisilinya.

Dia berangkat sesuai jadwal dan tiba pukul 08.40 WIB. Petugas satpam meminta foto kopi KTP dan memberi formulir. Tapi, dia mendapati, antrean di lokasi sudah 148, dan tidak sesuai dengan jadwal alokasi waktu yang ditentukan aplikasi.

Jihaad El-Banna Quthuby harus setia menunggu dari pagi sampai giliran nomor antrean dipanggil pukul 13.10 WIB. Mulailah tahapan atau langkah vaksinasinya.

1. Ketika nomor dipanggil harus menghadap ke meja 1. Di sini, pengukuran tensi, denyut nadi dan lainnya.
2. Lalu geser menunggu skrining di meja 2.
3. Di meja 2 ini, ada pertanyaan skrining, lalu disampaikan penyuluhan vaksin Covid.
4. Di akhir penyuluhan, bisa tanya vaksin yang akan disuntikkan.

“Di daftar yang saya lihat, vaksin Astrazenecca sudah disuntikkan kepada 82 orang pendaftar sebelum saya. Sedang sisanya termasuk saya menggunakan vaksin Sinovac,” ucapnya.

5. Tahap lanjutnya, masuk ruang vaksinasi di dekat meja 2 (skrining). Petugas memberitahu jeda antara vaksin 1-2 kurang lebih 28 hari.
6. Vaksin 1 disuntikkan.
7. Usai disuntik menuju meja terakhir.
8. Beberapa saat, bila tidak ada keluhan, boleh pulang.
9. Kembali suntik vaksin 2 sesuai jadwal yang diberikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *