Cara Mengolah Ikan Manyung Menjadi Gule dan Sate yang Lezat

KULINER sate dan gule kepala ikan manyung dibilang baru di Situbondo. Rasanya khas, nikmat dan lezat, tidak perlu khawatir dengan kolestrol karena bahan bakunya ikan segar. Proses memasaknya menggunakan rempah-rempah alami.

Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis, famili Ariidae.

Ada sembilan jenis Ariidae yang disebut sebagai manyung, yaitu Plicofollis crossocheilos Plicofollis argyropleuron Plicofollis nella Sciades sagor.

Salah satu yang menjadikan olahan kuliner ini, Rumah Makan Orental Purnama
yang berlokasi di Wisata Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

“Masakan ikan manyung di sini beda. Daging ikannya putih dan empuk. Bumbu rempah gule dan satenya sangat terasah di mulut,” tutur Hatimah, pengunjung rumah makan ini saat menikmati gule dan sate kepala ikan manyung.

Apa rahasia kelezatan kuliner ini? Risdiyana, pengelola Rumah Makan Orental Purnama Pasir Putih mengatakan, memasak gule dan sate kepala ikan manyung bukan hal yang mudah.

Kalau salah dalam mengolah masakan gule dan sate kepala ikan manyung, maka bisa dipastikan citra masakan tersebut akan hambar. Pertama, pastikan, bumbu rempah untuk gule dan sate diulek dengan tangan agar mengeluarkan citra rasa sebenarnya.

Cara mengolah yang seperti itulah membuat menu favorit di rumah makan milik Koperasi Polres Situbondo yang berdiri sejak zaman Kolonial Belanda ini, menjadi buruan penikmat kuliner.

“Ciri khas rempah bumbu gule dan sate kepala ikan manyung meresap dan memunculkan citra rasa dari masakan itu sendiri,” jelas Hatimah yang setiap kali ke Pasir Putih bersama keluarga selalu mampir menyantap menu ini.

Untuk harga (valid per Juli 2021), Rumah Makan Orental Purnama Pasir Putih mematok harga satu porsi gule dan sate kepala ikan manyung Rp 20.000 (sudah termasuk nasi putih).

Harga ini terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan rumah makan lain. “Masalah rasa kami tidak kalah dengan restoran bintang lima,” tutur Risdiyana menjamin olahan kulinernya itu. (*)

Rumah Makan Orental Purnama
Order online via WA: 082213402908

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *