Instropeksi Diri lewat Tradisi Unik Mayunan di Karangasem Bali

TRADISI Mayunan ini merupakan sebuah rangkaian Usaba Sambah Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Tradisi Manyunan dilaksanakan oleh para “Daha Tenganan Pegringsingan”, yang mana tradisi ini bermaknakan seperti roda kehidupan.

Kadang kita berada di atas, ada saatnya berada di bawah dan akan terus berjalan seiring waktu. Ayunan tradisional ini diduduki 8 orang Daha, dan di masing-masing penyangga tiang berdiri 1-2 orang Truna yang bertugas untuk memutar ayunan.

Read More

Ada empat ayunan yang dipasang di beberapa titik. Setiap ayunan terdiri delapan tempat duduk. Masing masing dua bagian atas, bawah, depan dan belakang. Ayunan dihiasi bunga, janur, dan hiasan lainnya.

Prosesi pendirian ayunan merupakan rangkaian Usaba Sambah yang digelar setiap tahun. Ayunan didirikan 15 hari sebelum puncak acara. Kayunya dari pohon cempaka dan telah disucikan dan digunakan oleh daha (perempuan yang belum menikah) setiap sore hari.

Proses penyucian ayunan yakni ngayunan lokan. Sarananya berupa damar sentir. Ayunan bisa dipakai setelah disucikan. Teruna (lelaki yang belum menikah) tugasnya memutar ayunan sebanyak enam kali. Tiga kali diputar ke arah utara dan tiga kali ke selatan.

Sedangkan daha yang menaiki ayunan harus mengenakan kain gerinsing. Ini adalah pakaian khas Tenganan Pegeringsingan. Harus dipakai saat mengelar upacara sakral. Secara bahasa, geringsing artinya tak sakit sedangkan secara istilah kain penolak bala.

Tradisi ayunan bermakna instropeksi diri, ibarat sebuah poros kehidupan setiap manusia. Kehidupan setiap manusia terus berputar seperti ayunan. Kadang berada di bawah, kadang di atas, dan kadang di tengah, tergantung waktunya.

Ayunan ini merupakan alat sakral bagi warga Tenganan Pegeringsingan warisan leluhur. Usia kayu yang digunakan untuk ayunan mencapai puluhan tahun. Kayu diambil dari pohon cempaka di sekeliling perbukitan Tenganan Pegeringsingan. (*)

Sebagian Sumber: di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.