Cara Mendapatkan Paket Obat Isolasi Mandiri bagi Warga Jakarta

HASIL PCR positif, mau isolasi mandiri (isoman) tapi tidak tahu harus konsumsi obat atau vitamin apa? Oh, ternyata Kemenkes menyediakan obat dan vitamin gratis. Bagaimana cara mendapatkan paket obat isolasi mandiri ini, khususnya bagi warga Jakarta (Jabodetabek)?

Untuk itu, pastikan laboratorium tempat kamu tes PCR terafiliasi dengan sistem NAR Kemenkes, atau minimal tanya dulu ya. Nanti, hasil tesnya masuk ke pedulilindungi nggak?

Karena kalau tidak dua-duanya, kamu tidak bisa mendapatkan layanan paket obat gratis isolasi mandiri ini. Silakan cek dulu daftar laboratorium yang terafiliasi dengan sistem NAR di sini.

Setelah hasil PCR kamu masuk aplikasi pedulilindungi, cek NIK kamu di sini. Halaman website itu juga ada panduan langkah-langkah yang harus diiikuti.

Kalau NIK kamu teregistrasi (berarti pasien memenuhi syarat menebus obat), selanjutnya kamu konsultasi dengan dokter lewat layanan Telemedicine yang disediakan. Ada Halodoc, AloDokter, Getwell, dan lainnya.

Di sini, kamu harus bayar sendiri sih biaya konsultasi, sesuai tarif dari telemedicinenya, antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000. Pas konsul sama dokter, informasikan bahwa kamu Pasien Program Kementerian Kesehatan.

Setelah konsultasi, dokter akan meresepkan obat sesuai dengan gejala dan keluhanmu. Di sini, ada 2 paket obat yang disediakan.

Paket A untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) dapatnya multivitamin, dan Paket B untuk orang bergejala, dapatnya Anti Virus, Paracetamol sama multivitamin.

Tebus resep dengan cara upload screenshoot (skrinsut) resep digitalmu ke Pesan Obat dan lengkapi data-data yang diminta. Resep akan diteruskan ke apotek terdekat yang bekerja sama.

Obat akan dikirim menggunakan jasa ekspedisi SiCepat. Tidak boleh diambil (pick up) sendiri. Obat yang termasuk dalam Paket A dan B tadi, ongkos kirimnya gratis yaa.

Untuk sebuah kasus, bisa saja, dokter memberikan resep antibiotik, obat flu dan Vitamin D, yang tidak ada dalam paket. Kalau untuk kasus ini, harus tebus sendiri.

Silahkan dicoba cara mendapatkan paket obat isolasi mandiri bagi warga Jakarta, ya persisnya, memang hanya berlaku di area Jabodetabek. Semoga inforeceh ini bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.