Membongkar Penipuan Laptop Murah dari Batam

INFORMASI mengenai praktik penipuan laptop murah dari Batam, bukan omong kosong belaka. Praktik ini, salah satunya, dilakukan oleh akun Instagram: gudang_komputer_bm.id. Modus penipuannya tidak beda jauh dengan yang pernah disampaikan sejumlah korban.

Sebagai jurnalis, saya penasaran untuk mengungkap kebenarannya. Bermodal uang Rp 400.000 ditambah ongkos kirim dari Batam ke tempat tinggal saya, saya mencoba order. Menyaru sebagai calon pembeli, saya kontak seller penipu ini.

Saya kontak melalui nomor WA-nya: 6282310488408 pada 4 Februari 2022. Satu pertanyaan saya ajukan: Ini ori atau BM ya? Aman gak? Kemudian, si pemegang nomor WA itu menjawab: Harga sesuai deskripsi kak ya kak, silahkan scrol ke bawah mengenai harga karna sudah kami cantumkan.

Saat itu, saya menanyakan tentang HP Omen BY 17-CB0800ND. Kalau dilihat dari harga umumnya, dengan spesifikasi yang ada, sangat tidak masuk akal. Sangat murah. Akun gudang_komputer_bm.id membanderolnya dengan harga, hanya Rp 400.000, ditambah ongkir Rp 100.000.

“Misalnya Kakak Minat Barang Bisa di Kirim ke SIDOARJO Via JNE YES/J&T EXPRESS ONGKIR Rp100.000 Estimasi Pengiriman 2 atau 3 hari paling lambat Paketnya sudah sampai,” lanjut si pemegang nomor WA dengan setelan nama GUDANG LAPTOP BM Batam.

Dia meyakinkan kembali kepada saya. “Kondisi Barang yang Kami Jual Baru/New & Masih Tersegel Dijamin 💯% Asli Original Garansi Toko 1 Tahun.”

Saya melanjutkan,”Stok ada? Baru ada uang tgl 25….boleh booking gak?
Pesannya gimana, bayar ke mana?. Kemudian, si pemegang nomor WA GUDANG LAPTOP BM Batam menyampaikan mengenai peraturan di tokonya.

PERATURAN TOKO KAMI
📌System Pembayaran :
-Transfer Dulu Baru Barang bisa di packing&Kirim khusus luar kota batam
-Setelah Barang Terkirim Kami Akan Konfirmasikn Sama Anda Untuk Diberikan No Resi Pengiriman Barang Anda, Supaya Anda Yakin Bahwa Barang Pesanannya Benar-benar Sudah Terkirim

📌Kepercayaan Anda, Akan Kami Bayar dengan Kejujuran.😊
📝 Cara Pemesanan Online Aman & Terpercaya Silahkan di isi Format Ordernya Dengan Lengkap ⬇️⬇️⬇️
➡️ Nama :
➡️ No.Hp Selalu Aktif :
➡️ Nama IG :
➡️ Alamat Lengkap :
➡️ Kode Pos :
➡️ Produk Pesanan/Type laptop :
➡️ Warna :
➡️ Jumlah Pesanan :
➡️ Harga Produk/Laptop : Rp + ONGKIR Rp =Rp

Beberapa hari kemudian, saya mengonfirmasi untuk membeli, dan menuliskan order laptop saya melalui WA. Saya memesan ASUS ROG STRIX G512LW, yang kalau harga di marketplace antar Rp 18 juta hingga Rp 21 juta. Tapi di akun ig: gudang_komputer_bm.id hanya dibanderol Rp 400.000.

Muncul jawaban atas orderan saya. “Baik kak, Apakah formatnya sudah benar kak👆?Mohon kakak selesaikan pembayarannya ke bendahara kami agar kami proses pengiriman barangnya hari ini juga. Silahkan selesaikan pembayarannya ke bendahara toko kami agar barangnya bisa di ikutkan untuk pengiriman hari ini Total Rp 500. 000.

Si pemegang nomor WA GUDANG LAPTOP BM Batam tak lupa menyertakan nomor rekening pembayaran, yang katanya adalah si Bendahara Toko agar pesanan saya langsung dikemas.

BANK BNI
A/N : DEA AGUNG WIJAYA
NO REK : 1335-05-0589
KODE BANK : 009

Note : Kalau Udah Transfer fotoin Struknya Sebagai Bukti Pegirimanya Biar Barangnya Kami Langsung Proses & di Ikutkan Pegirimanya.

Untuk membongkar praktik penipuan laptop murah dari Batam ini, pada 11 Februari 2022, mentransfer uang sesuai dengan nomor rekening yang diberikan. “Entar kak saya cek dulu dananya di bendahara kami. Makasih kak dananya udah done, kami packing dulu ya untuk proses dulu pengirimannya,” kata akun WA GUDANG LAPTOP BM Batam.

Sehari kemudian, 12 Februari 2022, akun WA GUDANG LAPTOP BM Batam mengirim pesan. Dia bilang, barang belum bisa dikirim, dan saya diminta menambah uang Rp 1,3 juta agar harga barang bisa dinormalkan, sehingga nota dapat keluar dan barang bisa dikirim.

Pemegang akun WA GUDANG LAPTOP BM Batam mengatakan, uang itu hanya akan sebentar diterima, jika sudah keluar nota, maka, akan dikembalikan lagi. Kalimat kunci ini yang saya tunggu-tunggu, karena sejumlah korban dalam pengakuannya di dunia maya, mendapatkan kalimat yang sama.

Saya langsung membalas pesan itu dengan kalimat menohok. “Modus penipuan, seperti yang banyak di YouTube. Bentar lagi, kamu tak viralkan. Saya wartawan Harian Surya di Surabaya, kelompok Tribunnews. Satu grup dengan tribun batam.”

Tidak ada jawaban tapi tak lebih lima menit, sejumlah pesan dari WA GUDANG LAPTOP BM Batam, terutama yang permintaan tambahan Rp 1,3 juta, dan rekaman suara lewat WA (tapi sudah saya simpan di google drive), dihapus.

Saya mengecek akun ig: gudang_komputer_bm.id, semua produk yang beberapa hari lalu terpajang di situ hilang semua. Padahal, sebelumnya, postingan di akun ini ada ribuan, tapi yang bisa discrol hanya beberapa.

Dari sini, seharusnya, kepolisian bisa menindaklanjuti ungkapan para korban-korban penipuan laptop murah dari Batam. Tidak harus menunggu adanya korban yang mengadu. Proaktiflah polisi, misalnya, bekerjasama dengan perbankan melacak pelaku dari rekeningnya.

Dalam kasus yang saya jajaki untuk membuktikan praktik penipuan ini, kepolisian Batam dapat memulai dengan membongkar nomor rekening atas nama Dea Agung Wijaya, yang menjadi nasabah BANK BNI dengan NO REK : 1335-05-0589. Ayo Pak Polisi, bongkar jaringan penipuan ini. Praktiknya sudah terlalu lama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.