KKN di Desa Penari Versi Lain: Bima Sudah Kelewatan Harus Menikahi Badarawuhi (20)

MBAH Buyut melihat Widya kemudian memanggilnya. “Sini nduk, Mbah jek tas gawe kopi” (sini nak, si mbah baru saja selesai membuat kopi). Mbah Buyut, duduk di kursi kayu yang ada di pawon, ia melihat Widya lama, kemudian mengatakanya.

“Koncomu wes kelewatan”. “Pripun mbah?” (bagaimana mbah?). “Yo opo rasane dikerubungi demit sak alas?” (bagaimana rasanya di kelilingi makhluk halus satu hutan?).

Read More

Mbah Buyut masih mengaduk kopinya, memandang Widya yang tampak mulai kembali kesadarannya, “Nyoh, diombe sek” (nih, diminum dulu). Widya menyesap kopi dari Mbah Buyut.

Tiba-tiba rasa pahit yang monohok membuat tenggorokan Widya seperti dicekik, membuat Widya memuntahkanya. Begitu banyak muntahan air liur Widya yang keluar, ia melihat Mbah Buyut yang tampak mengangguk, seperti memastikan.

“Koncomu, ngelakoni larangan sing abot, larangan sing gak lumrah gawe menungso opo maneh bangsa demit” (temanmu, melakukan pantangan yang tidak bisa di terima manusia, apalagi bangsa halus) kata mbah Buyut sembari geleng kepala.

“Paham nduk” (paham nak). Widya mengangguk. “Sinden sing digarap, iku ngunu, Sinden Kembar, siji nang cidek kali, sijine nang enggon sing mbok parani wingi bengi” (Sinden yang kamu kerjakan, itu kembar, satu di dekat sungai, satu yang kemarin malam kamu datangi)

“Eroh opo iku Sinden?” (tahu kegunaan Sinden?). “Mboten Mbah” (tidak tahu mbah). “Sinden kui, enggon adus’e poro penari sak durunge tampil. Nah, Sinden sing cidek kali, gak popo digarap, tapi, sinden sing sijine, ra oleh di parani, opo maneh sampe digawe kelon.”

(Sinden itu tempat mandinya para penari sebelum tampil, nah, sinden yang di dekat sungai tidak apa-apa dikerjakan, tapi, sinden yang satunya, tidak boleh di datangi, apalagi dipakai kawin (bersetubuh).

“Widya ngerti, sopo sing gok Sinden iku?” (Widya tahu siapa yang ada di sinden itu). Widya diam lama, sebelum mengatakanya. “Ular Mbah”. “Nggih. betul”. “Sing mok delok iku, ulo-anak’e Bima karo..” (yang kamu lihat itu, adalah anaknya Bima sama…).

“Ular itu Mbah”. Mbah Buyut mengangguk. “Iku ngunu, Mbah sing kecolongan, Widya mek didadekno awu-awu, ben si Mbah ngawasi Widya, tapi mbah salah, koncomu iku sing ket awal wes diincer karo.”

(itu, mbah yang kecolongan, Widya cuma dijadikan pengalih perhatian, biar si mbah ngawasi kamu, tapi mbah salah, dari awal, yang diincar sama).

Mbah Buyut diam lama, seperti tidak mau menyebut nama makhluk itu. “Ngantos, yo nopo mbah, Ayu kaleh Bima saget mbalik?” (lalu bagaimana Mbah, apa Ayu sama Bima bisa kembali?). “Isok-isok,” kata Mbah Buyut.

“Sampe balak’e di angkat”. “Balak’e diangkat mbah” (bencananya di angkat) kata Widya, bingung. “Bima ambek Ayu wes kelewatan, sak iki, kudu nanggung opo sing dilakoni” (Bima sama Ayu sudah kelewatan, sekarang, dia harus menanggung apa yang dia perbuat).

“Ayu sak iki, kudu nari, keliling alas iki) (Ayu sekarang harus menari mengelilingi Hutan ini). “Sak angkule nari, sadalan-sadalan” (tampil, menari, di setiap jengkal tanah ini). “Lha, Bima Mbah?”.

“Bima, yo kudu ngawini sing nduwe Sinden” (Bima ya harus mengawini yang punya Sinden). “Badarawuhi, Mbah”. Mbah Buyut kaget. “Oh, ngunu” (oh begitu) “Wes eroh jeneng’e” (sudah tahu namanya).

“Badarawuhi, iku salah sijine sing jogo wilayah iki. Tugas Badarawuhi iku nari, dadi bangsa lelembut iku yo seneng ndelok Badarawuhi iki nari, nah, sak iki, Ayu kudu nanggung tugas Badarawuhi nari.”

(Badarawuhi itu salah satunya yang jaga di wilayah ini, tugasnya ya menari, jadi bangsa lelembut suka melihat tarian dari Badarawuhi, sekarang, Ayu harus menggantikanya)

“Bima, kudu ngawini Badarawuhi, anak’e iku wujud’e ulo, sekali ngelahirno, isok lahir ewonan ulo”. (Bima harus mengawini Badarawuhi, anaknya itu berwujud ular, sekali melahirkan, bisa lahir ribuan ular).

“Salah kancamu, wes ngelakoni hal gendeng nang kunu, dadi kudu nanggung akibate” (salah temanmu sendiri, jadi sekarang mereka harus tanggung jawab).

Leave a Reply

Your email address will not be published.