Ditjen Pajak Tutup Aplikasi e-SPT

SURAT Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah laporan wajib pajak (WP) atas pembayaran pajak penghasilan. Surat ini oleh WP untuk melaporkan penghitungan dan pembayaran pajak, objek pajak atau bukan objek pajak.

SPT elektronik (e-SPT) dalam bentuk file .csv merupakan sebuah file teks yang berisi daftar data SPT yang dapat dibaca oleh sistem ketika diunggah ke aplikasi Ditjen Pajak (DJP).

Selama ini, WP dapat menyampaikan e-SPT berbentuk file .csv, dengan tiga cara:
1. Secar online, melalui menu unggah yang ada di laman pajak.go.id.
2, Secara online, melalui menu unggah di laman milik PJAP (Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan)
3. Secara manual diunggak ke aplikasi DJP (TPT Online) oleh pegawai KPP setelah menerima file e-SPT dari WP. File itu dapat disampaikan secara langsung maupun melalui jasa kurir/ekspedisi/email.

DJP akan menutup permanen saluran pelaporan SPT Tahunan melalui aplikasi e-SPT secara bertahap untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas data perpajakan. Jadwal penutupannya sebagai berikut:

  • 28 Februari 2022 pukul 16.00 WIB untuk Formulir SPT 1770 S, 1770, dan 1771.
  • 30 Maret 2022 pukul 15.00 WIB untuk Formulir SPT PPn Badan dalam satuan mata uang dolar AS (1771 S) dan lampiran khusus WP Migas.

Kalau sudah ditutup, bagaimana cara laporannya? Jadi, yang akan ditutup hanyalah e-SPT saja. Setelah menu unggah e-SPT ditutup dari laman pajak.go.id, laman milik PJAP dan TPT Online di KPP, WP tidak bisa lagi menyampaikan SPT Tahunan dalam bentuk e-SPT.

Sebagai gantinya, WP masih dapat mengiri dan menyampaikan SPT Tahunan secara online melalui saluran e-Form dan e-Filing, dengan cara login di laman website pajak.go.id atau laman milik PJAP.

e-Form adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara online yang dilakukan WP dengan mengunduh dan mengunggah kembali formulir SPT Tahunan yang sudah diisi dalam bentuk .pdf.

e-Filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan online yang dilakukan WP dengan menginput data SPT langsung di formulir elektronik melalui login di laman website pajak.go.id atau laman milik PJAP. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.