Cara Berinvestasi yang Tepat di Tengah Pandemi Covid-19

PANDEMI Covid-19 telah berlangsung selama hampir 2 tahun dan dampaknya masih nyata. Dampak terhadap sektor ekonomi dapat dikatakan yang paling signifikan. Masih lekat dalam ingatan, kehadiran virus ini mengguncang dunia perekonomian, di seluruh dunia tanpa terkecuali.

Banyak aktivitas ekonomi yang tertunda, bahkan terhenti, di tengah upaya pencegahan penyebaran virus. Pemerintah pun harus memutar otak demi mempertahankan perekonomian nasional di tengah pandemi yang tidak diketahui akhirnya.

Saat ini, upaya pemulihan ekonomi nasional membuahkan hasil yang semakin melegakan . Prospek pasar Indonesia di 2022 teramat positif, meski di tengah perjuangan melawan varian baru Omicron yang disertai peningkatan kasus aktif.

Pasar investasi tumbuh dengan peningkatan kesadaran masyarakat usia produktif untuk mengelola kekayaan pribadi mereka secara lebih baik. Instrumen investasi di luar tabungan dan deposito mencatatkan pertumbuhan positif, terutama dengan menurunnya suku bunga dalam beberapa tahun terakhir.

Fenomena transformasi digital besar-besaran di Asia Tenggara selama pandemi turut menjadi faktor pendukung pemulihan ekonomi dan peningkatan investasi. Secara umum, pengadopsian teknologi digital mencatatkan kenaikan substansial dalam 2 tahun terakhir di 10 negara Asia Tenggara.

Di Indonesia, peningkatan transaksi e-commerce sebagai cara berbelanja di masa pandemi telah mendongkrak perdagangan ritel yang sempat mati suri di awal pandemi. Di saat bersamaan, inovasi layanan keuangan dan investasi digital juga tumbuh pesat di industri keuangan Indonesia.

Maraknya digitalisasi yang identik dengan berbagai kemudahan bagi pengguna. Sayangnya hal ini juga diiringi keharusan untuk bersikap ekstra hati-hati dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya bila mengingat maraknya pemberitaan penipuan investasi.

Investor yang berminat mengelola kekayaan mereka melalui produk perbankan digital harus cermat memilih. Literasi finansial, bimbingan dari penyedia jasa keuangan, serta produk investasi yang sah menjadi kunci kesuksesan masyarakat dalam mengelola keuangan di tengah ketidakpastian pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.