Ini Rute BSD Link Electric Bus di Wilayah Township BSD City

PERUBAHAN iklim merupakan ancaman besar bagi kehidupan dan pembangunan global di mana salah satu pemicunya adalah emisi karbon. Pemerintah Indonesia terus mempercepat pengembangan produksi kendaraan emisi karbon rendah, yang ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik.

Upaya yang dilakukan pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060 sejalan dengan visi sustainability Sinar Mas Land dalam menghadirkan BSD Link Electric Bus, yang ramah lingkungan sehingga dapat meminimalkan emisi karbon.

BSD Link Electric Bus memilih hasil produksi dari Tiongkok dengan merek dagang Skywell tipe NJL6730BEV yang akan beroperasi di wilayah township BSD City.

Pengadaan bus listrik ini merupakan kerja sama antara Sinar Mas Land bersama PT Eka Sari Lorena Transport Tbk, dengan total nilai investasi Rp 3,8 miliar.

Peresmian operasional BSD Link Electric Bus dilakukan oleh Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land), Dwi Ryanta Soerbakti (Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Tbk) dan Dinesvara Airlangga (Chairman PT Kendaraan Listrik Indonesia/Skywell) di Lobby The Breeze BSD City, berlangsung Jumat (7/10/2022).

Dony Martadisata mengatakan, pengoperasian bus listrik di kawasan BSD City merupakan salah satu komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau yang menerapkan aspek teknologi di setiap proyek pembangunannya.

BSD Link Electric Bus akan menghubungkan landmarks BSD City sehingga penghuni dan masyarakat umum akan sangat dimudahkan dengan layanan transportasi publik ini.

“Kendaraan cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan diproyeksikan sebagai transportasi publik masa depan karena sangat ramah terhadap lingkungan,” paparnya.

Dwi Ryanta Soerbakti menambahkan, kerja sama antara Lorena Transport dengan Sinar Mas Land sudah berjalan selama lima tahun. Perusahaan sangat mendukung komitmen Sinar Mas Land.

Pengembang menyediakan sarana transportasi bagi penghuni dan masyarakat umum yang menghubungkan setiap wilayah permukiman, CBD, dan commercial area dengan berbagai jenis layanan transportasi terutama di BSD City.

Lorena Transport sangat mengapresiasi komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

“Ini sejalan dengan program perusahaan Lorena Transport yang selalu mengedepankan teknologi untuk pelayanan transportasi yang lebih baik dan ramah lingkungan,” tukasnya.

BSD Link Electric Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) berkapasitas 114 kWh dengan proses pengisian daya selama 2 jam.

Bus listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 180 km dan kecepatan maksimalnya hingga 50 km/jam. BSD Link Electric Bus berdimensi 7,3 m x 2,1 m dengan kapasitas 17 seat serta 13 hand grip sehingga dapat membawa 30 penumpang.

Selain itu, bus listrik ini dilengkapi dengan CCTV, face recognition temperature, hingga USB port di kabin bus yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mengisi baterai ponsel.

BSD Link Electric Bus beroperasi setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00-19.35 WIB. Bus listrik ini memiliki 6 (enam) rute pemberhentian dengan pin awal di Terminal Intermoda–ICE–Qbig–Ara Rasa–The Breeze 1–Digital Hub–Terminal Intermoda.

Lama perjalanan atau rute itu dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam. Masyarakat umum dapat mencoba bus listrik ini secara gratis dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Sebelumnya, Mei 2022, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba autonomous electric vehicle di Q-Big BSD City. Proyek tersebut merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation and JICA.

Uji coba itu kini berlanjut di kawasan BSD Green Office Park. Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas. (*)

Tentang Sinar Mas Land
Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman 50 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE).

Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan internasional yang prestisius.

Sebut saja, MIPIM Award in France (2018), ASEAN Energy Awards (2019), Asia Pacific Property Award (2021), Cambridge IFA’s Global Good Governance Award (2021), dan FIABCI World Prix d’Excellence Awards (2022).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan klaster/clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Di samping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor/pionir pengembangan proyek inovatif Strata Mall/Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program.

Misalnya, pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Salah satunya, melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota.

Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui berbagai program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di sejumlah pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Tentang PT Eka Sari Lorena Transport Tbk
Lorena Transport adalah perusahaan transportasi darat yang sudah berpengalaman selama 52 tahun dalam memberikan pelayanan transportasi di Indonesia di antaranya dengan layanan transportasi Antar Kota Antar Provinsi, Jabodetabek Residence Connexion, Jabodetabek Airport Connexion, Transjabodetabek, dan Shuttle Service.

Berbagai penghargaan dan sertifikasi sudah diterima oleh Lorena Transport baik dari Instansi Pemerintah seperti Kementerian Perhubungan dan juga instansi lain dengan skala nasional dan internasional.

Pada tahun 2014, Lorena Transport tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nama PT Eka Sari Lorena Transport Tbk dan menjadi perusahaan transportasi darat berjadwal pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Lorena Transport terus berkembang dengan mengedepankan teknologi dan digitalisasi dalam memberikan pelayanan transportasi yang lebih maju dan lebih baik.

Keterangan Foto (Kiri-kanan)
Solon Tarigan (Direktur PT Eka Sari Lorena Transport Tbk), FX Sidi Widagdo (Construction Project Support Services Division Head – Sinar Mas Land), Dony Martadisata (Managing Director President Office – Sinar Mas Land), Dinesvara Airlangga (Chairman PT Kendaraan Listrik Indonesia/Skywell), Dwi Ryanta Soerbakti (Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Tbk), Abraham Sridjaja (President Director PT Kendaraan Listrik Indonesia), Andrew Hartono Budiarso (Executive Director PT Kendaraan Listrik Indonesia), dan Denny Liyadi (GM Marketing PT Kendaraan Listrik Indonesia) menghadiri acara peresmian operasional BSD Link Electric Bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *