Ini 5 Cara Memilih Ban Mobil untuk Kendaraanmu

4 new tires that change tires in the auto repair service center, blurred background, the background is a new car in the stock blur for the industry, a four-wheeled tire set at a large warehouse

CARA memilih ban mobil sangatlah penting untuk diketahui oleh para pemilik kendaraan. Jika ban mobil tidak tepat, maka kenyamanan dalam berkendara pun menjadi berkurang. Untuk diketahui, faktor ban yang tidak ideal merupakan salah satu kontributor terbesar dari penyebab kecelakaan.

Oleh karena itu penting untuk memastikan ban berada dalam kondisi yang fit guna meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan. Apabila ban mengalami degradasi, seperti ban yang botak, muncul benjolan atau muncul retakan pada ban, jangan tunda untuk mengganti ban dengan yang baru. 

Saat ini ada berbagai jenis ban dijual di pasaran. Mengenali jenisnya menjadi hal pertama agar kamu bisa mendapat jenis yang tepat. Walau sekilas terlihat sama, ban mobil harus dipilih sesuai dengan medan dan juga pas untuk kebutuhan.

Sebaiknya, jangan anggap remeh mengenai proses pemilihan ban yang tepat. Nah, ini beberapa tips yang dapat berguna bagi kamu, penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id, ketika memilih ban.

1. Kenali Jenis Ban yang Tepat. Ada 5 jenis ban mobil yang harus diketahui dan bisa dipilih dengan mempertimbangkan kelebihan dan medannya:

a. Ban tubeless yang memiliki cairan antibocor saat roda pertama kali disematkan. Kelebihannya lebih tahan udara, tidak mudah kempes sekalipun tidak memakai ban dalam. 

b. Ban bias adalah ban yang terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zigzag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.  

c. Ban radial adalah ban yang terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. Jenis ban ini cocok dipakai pada kendaraan yang membawa penumpang maupun pada truk bermuatan ringan. 

d. Ban RFT (Run Flat Tyre) adalah ban yang tetap bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun tanpa dalam keadaan kempes. Jenis ini diklaim mampu melaju dalam tekanan 0 hingga 80 km dengan kecepatan mencapai 80 km/jam.

e. All Terrain adalah ban yang didesain khusus agar tahan dalam melaju di medan yang dipenuhi kerikil, tanah, atau bahkan berair. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Tipe Kendaraan
Dari jenis di atas, kamu bisa langsung menentukan mana yang paling tepat untuk kendaraanmu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kendaraan. Untuk mengetahuinya, ada simbol ban mobil yang bisa dijadikan acuan.

Informasi seputar tipe ini tercantum dalam buku petunjuk penggunaan. Umumnya, masing-masing tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya.

Misalnya kode ban mobil P 215/55 R17 93V yang mana P berarti Passenger. Kode P pada ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Lalu ada juga kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, “ST’ yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan.

3. Perhatikan Ukuran Ban
Ukuran ban menjadi salah satu pertimbangan membeli ban mobil baru berikutnya yang harus diperhatikan. Pemilik kendaraan dapat melihat ukuran melalui ukiran angka di samping ban berupa susunan kode ukuran ban mobil.

Misalnya, pada kode P 215/55 R17 93V. Angka 215 menunjukan lebar telapak ban dalam satuan milimeter yang berpengaruh pada peningkatan performa dan kecepatan.

Lalu angka 55 menunjukan ketebalan dibandingkan lebar telapak ban berupa rasio ban dalam persentase. Artinya tebal ban adalah 55% dari 215 milimeter.

Jika tebal semakin besar, maka keseimbangannya pun lebih terjaga. Sementara itu huruf R adalah kriteria ban radial, lalu angka 17 menyatakan diameter pelek dalam satuan inci.

Selanjutnya 93V adalah kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 93 memiliki indek kemampuan daya pikul (load index) untuk tiap ban. Kemudian huruf V melambangkan kecepatan maksimal sebesar 240 km/jam.

4. Pastikan Tahun Pembuatannya
Tahun pembuatan menjadi hal penting dalam memilih ban mobil terbaik karena ban memiliki masa kadaluarsa. Jika kamu membeli ban bekas, maka jangan memilih ban yang masa kadaluarsanya sudah dekat. 

Hal ini karena ban terbuat dari karet yang kualitas dengan tahun produksi baru akan lebih baik daripada ban yang diproduksi sudah lama meskipun belum digunakan.

Tahun pembuatan dapat dilihat dari empat digit nomor yang tertera di sisi luar dinding ban. Contoh, 3519 yang berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-35 tahun itu, lalu dua angka di belakang yaitu 19 adalah tahun pembuatan, yakni 2019.

5. Pilih Merek yang Memiliki Kualitas Bagus
Cara memilih ban mobil berikutnya dari merek yang terpercaya sebab merek ban mobil terpercaya sudah terjamin kualitasnya. Saat ini ada berbagai merk mobil berkualitas yang ada di pasaran.

Harganya mulai dari harga terjangkau sampai yang mahal. Beberapa merek ban mobil berkualitas baik itu, antara lain Achilles, Bridgestone, Michelin, hingga Pirelli.

Benny menambahkan, kualitas ban mobil akan memengaruhi laju mobil di jalanan. Salah memilih ban bisa berakibat fatal pada mobil kesayangan kamu karena bagian kaki-kaki ini penting untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

“Alhasil, karena laju mobil terganggu berkendara pun menjadi tidak nyaman. Jadi, pastikan untuk memilih ban mobil berkualitas terbaik agar tak ada kendala selama berkendara,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *