Waspada Penipuan Siber, Pura-pura Kurir Paket

PENIPUAN siber sedang booming dan viral. Modus penipuan, si pelaku mengaku sebagai kurir pengantar paket, kemudian mengirimkan ekstensi APK bertuliskan “Lihat foto paket” kepada korban.

File ekstensi aplikasi itu merupakan virus Malware Remote Administrator Tool atau RAT yang dapat mengendalikan perangkat smartphone korban dari jarak jauh dan beroperasi di balik layar.

Dugaan lain, file aplikasi yang dikirimkan pelaku, merupakan exploit untuk mengambil data-data penting korban yang mampu mengakses mobile banking. Kejahatan ini bisa disebut dengan ‘Sniffing’

Dalam kasus ini, jika korban telanjur mengunduh file itu lantaran merasa sedang memesan barang, selanjutnya tanpa diketahui, saldo m-banking korban bisa lenyap. Bahkan pelaku bisa mengambil alih akses password email hingga media sosial.

Walaupun dalam hal ini, korban tidak pernah diperintah untuk mengisi username/ID, password atau yang lainnya. Bahkan, aplikasi yang diunduh tidak pernah dijalankan dan dibuka oleh korban.

Sebarkan kabar ini dan selalu hati-hati dengan modus kejahatan baru, ya!

Akun Ittak (@ithak_), menanggapi. “Aku punya toko online yang lagi cuti tokonya. Dari kemarin, banyak WA dari “new customers”. Chat pesan-pesan barang, tapi kasihnya link smua. Untungnya udah lngsung curiga dan gak sempat klik smua link-link itu. Langsung report dan block saja,” katanya.

“Nah, mumpung mas wali (Gibran Rakabuming) yang bahas, kasus ini sudah diviralkan chanel YouTube Mr Bert. Intinya mengecewakan, karena pihak bank terkesan lepas tangan. Laporan ke pihak berwajib sepertinya 11-12. Kalau cuma imbauan saja repot Mas,” tukas EnteBinAntum (@DiekSetyadhi). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *