Ini Pilihan Investasi lewat Tokopedia

HASIL Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan masyarakat Indonesia meningkat sebesar 49,68 persen, dibanding 2019, yang hanya 38,03 persen.

Dengan meningkatnya persentase literasi keuangan itu, tak heran jika di awal tahun baru ini banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengubah kondisi finansial lebih baik dengan membuat resolusi keuangan 2023.

Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha-platform penyedia konten edukasi mengenai keuangan, membagikan tips cara berinvestasi yang tepat agar semakin cuan di tahun yang baru.

1. Kelola Keuangan dengan Baik
Demi keuangan yang sehat, kebiasaan pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan harus dihindari. Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran dengan menggunakan sarana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. “Tujuannya agar dapat mengukur kemampuan menabung dan berinvestasi,” ucap Tirta.

2. Siapkan Dana Darurat
Dana darurat adalah hal penting yang perlu disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi secara mendadak dan mungkin bisa menyebabkan kondisi keuangan terganggu. Caranya bisa dengan menabung secara otomatis dari rekening yang dimiliki. Jadi, akan lebih disiplin dalam memisahkan dana darurat yang dibutuhkan.

3. Tentukan Instrumen Investasi
Dalam menentukan instrumen investasi yang tepat, jangan terbuai dengan keuntungan fantastis tanpa melakukan riset. Carilah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan finansial serta cari tahu profil risikonya.

Misalnya, emas dan reksa dana merupakan dua instrumen keuangan yang dinilai relatif aman bagi pemula bisa menjadi pilihan. Jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan financial planner agar investasi yang dilakukan bisa mendatangkan keuntungan.

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, sekaligus bagian dari Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam memulai dan menemukan produk investasi, seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana (ada pilihan Pasar Uang dan Pendapatan Tetap agar sesuai dengan profil risiko yang diinginkan pengguna)

Head of Investment and Insurance Tokopedia, Ruth Afrita mengatakan, di Tokopedia, siapa saja bisa jadi investor. Cukup dengan investasi mulai dari Rp 5.000 untuk Emas (atau dapat dilakukan juga saat berbelanja melalui Pembulatan Emas) dan Rp 10.000 untuk Reksa Dana.

Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa dana ini pun telah bekerja sama dengan partner yang diawasi oleh OJK (Bareksa dan Pegadaian) dan BAPPEBTI (Pluang) sehingga aman dan terpercaya.

“Harapannya, dengan berbagai pilihan investasi di Tokopedia, masyarakat dapat memilih instrumen investasi yang paling sesuai. Serta turut mendorong masyarakat untuk menjadikan sebagai kebiasaan sehingga tujuan investasi dapat tercapai,” tutup Ruth. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *